Kamis, 24 April 2014

12.36


Nagras adalah julukan dari kaum pendatang suku Arab kepada suku Madura yang keduanya tinggal di daerah Jawa Timur. Hal ini sebagai sapaan kepada orang suku Madura yang memanggil suku pendatang Arab dengan sebutan O-yek.

Hal ini berlangsung hingga pada saat ini dan kita bisa menemuinya di daerah yang dekat dengan daerah pantai Jawa dimana banyak sekali komunitas pendatang dari kedua suku ini bermukim antara lain : daerah Ampel Surabaya, Pantai Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dll.

Pada tahun 80-an (konon katanya) ada sekelompok anak muda di Kota Gresik yang memang mempunyai hobi cangkruk (duduk bercengkrama) di warung kopi di daerah sekitar alun-alun Kota Gresik yang terdiri dari berbagai macam pemuda baik orang Gresik sendiri maupun dari suku lainnya. Dari cangkruk’an yang berbagai macam pemuda tersebut maka di mulailah saling menjuluki teman yang lainnya dengan panggilan yang sesuai dengan suku mereka misalnya : manggil orang Ambon dengan panggilan Ambon, manggil orang suku Arab dengan panggilan Oyek, manggil orang Madura dengan panggilan Nagras dan lain sebagainya.

Demikianlah asal muasal kata Nagras yang semakin populer dari cangkru’an dan selanjutnya untuk mengetahui kelanjutan dari kisah sebuah Gang Nagrash Gresik akan saya lanjutkan di posting berikut.

0 komentar:

Posting Komentar